16 January 2015

Tahun Baru, Aktifitas Baru

Pembaca yang budiman, tak terasa ternyata sudah 3 tahun saya menjadi karyawan PT Quadra Solution, sebuah perusahaan Konsultan IT yang kokoh dan penuh dengan kesibukan. Saya sendiri terlibat sebanyak 6 project disana selama 3 tahun itu. Saya lalui hari-hari di PT Quadra Solution dengan menggali lagi teknologi-teknologi seputar perkembangan dunia IT terutama pengembangan dan pembangunan aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Saya memang bukan fresh graduate ketika masuk PT Quadra Solution, dalam artian saya sebelumnya sudah pernah bekerja di perusahaan lain dengan posisi yang sama, namun terus terang yang saya alami di PT Quadra Solution, saya mendapatkan begitu banyak pengetahuan baru, ilmu baru, serta pengalaman baru dalam dunia teknologi pemrograman java.
Saat ini saya telah resign dari PT Quadra Solution dan menjadi karyawan sebuah perusahaan multinasional yang juga bergerak di dunia komputer. Kana Software, ya itu adalah kantor baru saya, dan kali ini bidang pekerjaan yang saya jajaki sedikit berbeda dengan perusahaan-perusahaan sebelumnya. Saya menduduki posisi sebagai Sales Technical Engineer di sini. Terus terang saya juga belum mengerti sepenuhnya role yang saya miliki saat ini, namun yang pasti pekerjaan baru saya ini masih menyentuh sisi teknikal, hanya saja posisi saya bertugas membantu divisi sales dalam memasarkan produk yang dimiliki oleh perusahaan. Jika ditanyakan alasan saya pindah, mungkin jawaban yang keluar dari saya, sama dengan semua orang yang pindah dari satu kantor ke kantor lain, ingin mencari pendapatan lebih dan mencari pengalaman. 
Sebetulnya saya sebelumnya tidak ingin pindah kantor, sebab di tahun 2014 kemarin saya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan saya ke strata satu. Dengan status saya yang juga sebagai mahasiswa, saya pun memiliki rutinitas lain selain bekerja, ya kuliah itu, hanya saja kuliah yang saya jalani ada pada waktu sore, selepas pulang kantor. Dalam satu minggu paling tidak ada satu hari dimana saya harus pulang kerja satu jam lebih awal karena harus mengejar aktifitas kuliah, dan saya boleh mendapatkan itu di PT Quadra Solution. Itulah yang membuat saya sebetulnya tidak ingin pindah kantor, karena belum tentu di kantor baru saya dibolehkan untuk pulang kantor lebih awal.
Padahal banyak sekali perusahaan-perusahaan lain tertarik merekrut saya menjadi pegawai mereka. Account saya di linkedin yang menjadi rujukan mereka untuk menawarkan kesempatan itu kepada saya. Satu demi satu saya jawab bahwa saat itu saya tidak berminat untuk pindah kantor, tentunya dengan alasan seperti yang saya paparkan di atas. Ada perusahaan lokal, multinasional, bahkan pernah ada yang menawarkan saya untuk bekerja di luar Indonesia. Menyesalkah saya menolak itu semua, tidak pembaca, saya tidak menyesal, umur saya yang sudah mencapai 37 yang membuat saya berfikir malah nantinya saya akan menyesal tidak pernah bisa jadi sarjana hanya gara-gara tawaran pekerjaan baru yang mengharuskan saya meninggalkan kuliah lagi.
Bagaimana dengan Kana ?. Sebelumnya divisi HRD Kana juga pernah menawarkan saya untuk bergabung, dan jawaban yang saya berikanpun sama dengan perusahaan lain yang menawarkan saya.Tapi pada bulan Oktober 2014, salah satu teman dekat saya pindah ke perusahaan ini. Dia menduduki jabatan sebagai Manager Sales Technical Engineer, oleh karena divisi yang dia kepalai adalah sebuah divisi baru untuk Kana di Indonesia. Dia harus merekrut beberapa staff engineer untuk melengkapi divisinya. Dan ya, dia menawarkan saya untuk bergabung, jawaban saya pun sama dengan jawaban ke perusahaan-perusahaan lain yang menawarkan saya. Tapi dia berani menjamin saya mendapatkan fasilitas yang sama kalo saya berminat untuk bergabung. Dia bilang dia akan membolehkan saya pulang lebih awal dari jam kerja biasanya untuk keperluan aktifitas kuliah saya. Dan tentunya selain itu ada perubahan pendapatan yang saya dapatkan. Dan saya pun mencoba melamar atas rekomendasi dia.
Singkat cerita saya lolos beberapa tes dan akhirnya diterima menjadi karyawan Kana Software. Dengan status probation selama 6 bulan, dan langsung permanent employee jika masa probation saya selesai dan memuaskan. Tepatnya tanggal 5 Januari 2015 saya resmi menjadi karyawan Kana Software. Dan saat ini sudah 2 minggu menjalani aktifitas baru saya di tahun yang baru pula. Saya sedang menjalani training product knowledge sebagai pengetahuan dasar menjadi seorang Sales Technical Engineer sebagai bekal dasarnya. Semua training dilakukan secara online, dengan fasilitas website dan video streaming, namun tetap ada trainer yang membimbing juga secara online. Trainer saya di Inggris sana, setiap kali saya submit evaluasi training yang saya jalani, kita berkomunikasi melalui email. Sebuah mekanisme training yang baru buat saya, dan terus terang ini jadi pengalaman baru yang seru.
Karyawan di tempat baru saya banyak sekali, di kantor tempat saya beraktiftas ada teman-teman yang ada di posisi Offshore Technical Consultant, Engineering, dan lain-lain. Kebanyakan dari mereka adalah programmer. Tampaknya setiap bulan ada saja teman-teman dari Offshore Technical Consultant yang baru pulang ke Indonesia dari tugas mereka di luar negeri, ada yang dari USA, Philipina, Inggris, atau negara-negara lain, jadi ya selalu ada saja pesta makanan oleh-oleh mereka yang baru pulang. 
Begitulan pembaca di akhir tahun 2014 dan awal tahun 2015 saya jalani dengan sedikit berbeda. Terima kasih buat PT Quadra Solution yang telah memberikan saya kesempatan untuk mencari pengalaman baru, semoga selalu sukses dengan segala proyek-proyek bisnis yang dimilikinya.

Menteng, 17 Januari 2015

Josescalia

No comments: