04 December 2011

Membuat Sendiri Local Ip Checker dengan Java

Dewasa ini penggunaan wireless atau access point sebagai sebuah rangkaian jaringan komputer merupakan suatu hal yang sudah biasa dan wajar. Bahkan tanpa adanya sebuah wireless router, sebuah jaringan komputer tidaklah lengkap.
Dalam tata cara penggunaannya wireless router ada 2 jenis, yang pertama menerapkan IP statis untuk client-nya dan yang kedua menerapkan IP dinamis untuk client-nya. Penggunaan IP statis maksudnya adalah, perangkat komputer yang akan terhubung dengan sebuah jaringan harus memiliki konfigurasi IP yang dilakukan setting-nya secara manual. Sementara penggunaan IP dinamis, adalah wireless router yang secara otomatis akan memberikan sebuah IP kepada sebuah perangkat pada saat perangkat tersebut hendak terhubung kedalam jaringan yang dimiliki oleh wireless router tersebut.
Penggunaan IP dinamis pada jaringan komputer wireless menerapkan teknologi DHCP (dynamic host configuration protocol), yang memungkinkan kita bisa saja mendapatkan IP berbeda dalam kesempatan melakukan hubungan dengan jaringan tersebut. Maksudnya begini, suatu kali kita terhubung ke jaringan wireless tersebut dan mendapatkan IP address sebagai 192.168.1.100 dan lain waktu kita terhubung kembali dengan jaringan yang sama, bisa saja kita mendapatkan IP address yang lain misalnya 192.168.1.101 dan seterusnya.
Ada kalanya jika perangkat komputer kita terhubung dalam sebuah jaringan komputer wireless berbasis DHCP, kemudian tiba-tiba ada seseorang yang bertanya berapa IP yang kita gunakan, pastinya kita akan cari tahu dengan cara yang khusus, bahkan tidak sedikit dari kita yang malah tidak tahu bagaimana mencari tahu IP address tersebut.
Sekarang mari kita permudah kasus tersebut, dengan cara membuat sebuah program kecil dengan bahasa pemrogaman java yang tugasnya memberi tahu kita, berapa sebenarnya IP address yang sedang kita gunakan dalam jaringan wireless DHCP yang ada. Perhatikan kode berikut ini:

  1. import java.net.InetAddress;
  2. /**
  3. *
  4. * @author Josescalia
  5. */
  6. public class ComputerInfo {
  7. public static void main(String[] args) {
  8. try {
  9. InetAddress ownIP = InetAddress.getLocalHost();
  10. System.out.println("IP Address System ini : " + ownIP.getHostAddress());
  11. } catch (Exception e) {
  12. System.err.print("Exception caught =" + e.getMessage());
  13. }
  14. }
  15. }
Jika kode tersebut di kompilasi kemudian hasil kompilasinya di eksekusi maka program tersebut akan bisa memberi tahu kita berapa IP address yang sedang kita pakai dalam terhubung ke jaringan. Sederhana sekali bukan, tapi amat bermanfaat buat kita yang mungkin senang menggunakan komputer jinjing dan sering berhubungan dengan wireless yang menggunakan DHCP sebagai media penghubung ke jaringan yang ada.
Oke, berdasar dari ide tersebut, saya mencoba membuat program sederhana ini dengan versi desktop yang sudah siap digunakan di sini, itu juga jika mungkin anda juga berkenan menggunakanya :P. Cara menggunakannya adalah dengan meng-klik dua kali file run_program.bat. Dan pastikan Java Runtime Environment versi 1.6 ke atas sudah terinstall dalam komputer anda.
Bagi pembaca yang penasaran dengan kode yang saya buat, silahkan juga download source code-nya dari sini.

 
Semoga bermanfaat.


Menteng, 04 Desember 2011
Josescalia

No comments: