10 June 2011

PLUG IN – PLUG IN yang Berguna pada Visual Basic 6.0

Programming adalah sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan, paling tidak itu buat saya…:P. Namun terkadang ada saja hal-hal yang kurang menyenangkan dalam programming tiba-tiba membuat kita suntuk, bete seketika, dan hal-hal lainnya.
Di kantor tempat saya bekerja, kami punya source code tanpa dokumentasi yang harus di transversikan, dari Visual Basic ke Java. Karena tanpa dokumentasi maka kami pun harus journey dari satu method ke method lainnya, dari satu prosedur ke prosedur lainnya, dari satu function ke function lainnya untuk mencari flow yang paling tidak mendekati, sehingga bisa kita transversikan.
Jika saya membuat kode-kode Java, IDE yang saya gunakan sangat mempermudah saya dalam melakukan kegiatan tersebut. Dengan control+click pada sebuah baris kode maka pointer saya akan diantarkan ke referensi kode tersebut di deklarasikan. Dengan fitur find-usage maka saya tahu suatu function atau method di pakai di class mana saja. Semuanya jadi begitu mudah dengan IDE yang saya biasa menggunakannya untuk membuat kode-kode bahasa Java.

Namun dalam Visual Basic, saya harus telan ludah, jangankan fitur2 diatas, bahkan scroll mouse pada code editor-nya saja tidak berfungsi. Mencari sebaris prosedur yang digunakan oleh form atau module lain serumit mencari semut yang bersembunyi di rerumputan..[puitis banget..hehehehe..]

Boss saya pernah bilang, “Jika anda menemui suatu kesulitan maka googling lah, sebab pasti ada orang yang juga mengalami hal yang sama dengan anda”. Itu saya pegang benar, tapi saya akan tanya teman dulu sebelum tanya Google..:P, [That’s what’s friends for..:P].  Maka saya tanya teman sayaada ga sih cara biar saya bisa scroll mouse di Code Editor VB..?”, teman saya pun bilang “Ada pak, pake plugin ini nih yang sudah pernah saya download..” Nah lo..ketemu kan..:P
Intinya kalo anda juga menemukan kesultan yang sama dengan saya, maka pakailah plug-in MouseWheel pada link berikut ini http://support.microsoft.com/kb/837910, dan silahkan ikuti langkah-langkahnya supaya Code Editor pada Visual Basic 6.0 anda bisa di scroll menggunakan mouse.
Kemudian saya tanya lagi teman saya, “Ada ga sih, cara yang lebih mudah menelusuri prosedur di VB ini? ”. dan teman saya pun menjawab “Kalo itu saya belum nemu pak..”. Hmm.. ada kalanya kita memang harus usaha sendiri, dan tidak segala sesuatunya teman saya ini bisa tahu. Begitu kira-kira pesan moralnya..hehehehehe..

Oleh karena sepertinya saya harus mengikuti omongan boss saya, akhirnya saya cari-cari juga di Google dan dapetlah plug-in MZ-Tools. Plug-in ini memang tidak bisa menyamai fitur-fitur pada IDE Java yang saya pakai, tapi jika untuk mencari tahu sebuah fungsi atau prosedur atau variable di gunakan dimana saja, saya rasa  plug-in ini lebih baik dari pada saya melakukan pencarian kode secara manual dengan menekan Control + F…:P, berminat?? Silahkan explore sendiri plug-in Mz-Tools ini pada tautan berikut ini http://www.mztools.com/v3/mztools3.aspx

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Josescalia

No comments: