02 January 2011

Happy New Year 2011

Tahun 2010 telah berlalu, kini tahun 2011 ada di hadapan muka. Ga banyak artikel yang hadir pada tahun 2010 yang lalu, itu kerugian tersendiri buat saya, sebab kegiatan menulis saya jadi tidak terasah dengan baik. Bukan karena ga ada bahan, bahan sih banyak, namun kesibukan beraktifitas yang lain, seperti berkerja, kuliah, menyenangkan keluarga kecil saya, mungkin bisa saya jadikan alasan. 
Bisa dibilang tahun 2010 kemarin adalah tahun yang menjungkir balikkan mindset saya, bahwa saya tidak boleh hanya melulu berkreasi dengan merancang suatu core application system saja. Saya juga harus mulai memikirkan bahwa sebuah Application juga membutuhkan interface(antarmuka) yang juga tak kalah penting dalam pembuatan sebuah aplikasi. Dan tahun 2010 kemarin saya banyak belajar Client Side Scripting, seperti Java Script dan CSS. Tadinya saya buta sama sekali dengan Java Script dan CSS, sekarang sudah sedikit tahu tentang keduanya. 
Tahun 2010 yang lalu saya juga menggunakan Jasper Report sebagai sebuah tools laporan dengan lebih intensif, padahal tahun sebelumnya tidak. Saya lebih mengandalkan Query langsung dalam Console database dengan output seperti excel, txt dan lain-lainnya.
Tahun 2010 juga tahun yang sibuk buat saya mengakhiri perjalanan sebagai seorang mahasiswa Bina Sarana Informatika. Cuma D3 memang, tapi saya sangat bangga sekali dengan apa yang saya capai, sebagai Mahasiswa, karyawan, bapak, dan suami dari seorang istri yang sangat saya cintai. Mengingat kegagalan kuliah saya dulu, perasaan bangga tersebut menjadi 2 kali lipat, dan saya membuktikan kebenaran omongan salah satu teman akrab saya Luckman  bahwa kita masih tetap bisa kuliah meski kita sudah berkeluarga.
Tugas Akhir kuliah saya menggunakan Java dengan Adobe Flex, yang ketika sidang TA tidak menjadikan Sidang TA tersebut menjadi mudah, saya malah banyak dijejali pertanyaan seputar makalah dan paper yang saya bawakan, bukan programnya itu sendiri, saya juga tidak mengerti kenapa, tapi Alhamdulillah tugas akhir itu mendapatkan nilai A dengan point 92. :)
Pada tahun 2011 ini, saya menancapkan niat untuk lebih lagi mendalami pengetahuan saya, dan lebih lagi berbagi kepada pengetahuan tersebut kepada pembaca dengan tulisan-tulisan yang akan saya sampaikan melalui blog ini.
Selamat Tahun Baru 2011, mudah-mudahan pada tahun ini kita semua diberikan keberkahan yang lebih daripada tahun-tahun sebelumnya, Amin ya rabbal alamin..

Thnks
Josescalia

http://josescalia.blogspot.com

 

No comments: