24 October 2008

Java dan Instalasinya dalam Windows

Dari sekian banyak yang membaca blog ini, saya dapati lumayan banyak pula teman-teman yang ternyata masih kebingungan bagaimana memulai java untuk menjadi satu bagian dalam kegiatan oprek-mengoprek. Kali ini kita akan coba mencoba menginstall java dalam operating system Windows yang kita miliki.
Sebelum kita memulai, ada baiknya kita mengerti dulu Java apa yang ingin kita install dalam komputer kita. Java secara umum dibagi menjadi 2, yaitu JRE dan JDK. JRE merupakan kependekan dari Java Runtime Environment, Java yang satu ini Java dimana kegunaannya adalah untuk menjalankan program Java, tapi bukan untuk membuat program Java. Jadi jika kita ingin mengoprek-oprek java dalam arti memulai belajar programming dengan Java, maka bukan Java ini yang kita pilih, melainkan JDK.  
Nah, JDK adalah kependekan dari Java Development Kit, JDK inilah yang kita perlukan ketika kita memulai kegiatan programming Java. Karena jika kita selesai membuat program dengan Java, kemudian kita ingin mengetes apakah program yang kita buat jalan atau tidak, maka kita pasti juga akan membutuhkan JRE. Intinya, ketika kita ingin memulai kegiatan programmingJava maka kita akan membutuhkan JRE dan JDK. 
Untuk tujuan diatas, kita bisa mengunduh/download JRE atau JDK disini, tapi khusus buat anda yang ingin memulai kegiatan programming Java, kita cukup mendownload JDK saja tanpa JRE. Sebab didalam installer JDK sudah ada JRE-nya. Silahkan anda pilih JDK yang anda butuhkan, saya menyarankan untuk memilih JDK 1.5, terserah build berapa saja.
Ok, sekarang secara step by step kita akan memulai menginstall Java, dibawah ini adalah urutan kegiatanya:
  1. Download JDK dari situsnya.
  2. Install JDK dengan mengikuti standar instalasi yang ada (tinggal klik next-next doang hi..hi..hi...).
  3. Tentukan path instalasi Java sesuai keinginan.
  4. Ditengah instalasi JDK akan muncul dengan sendirinya instalasi JRE dan tentukan jugapath instalasi JRE sesuai keinginan.
  5. Lakukan setting Environment Variable Java pada system operasi komputer anda.
  6. Mulailah kegiatan programming Java dengan membuat program Java HelloWorld....(Standar banget....)
Mari kita jelaskan satu-satu dengan melompati step yang pertama.
Install-lah JDK yang sudah anda download tadi dengan cara men-double-click file yang anda download, ikuti semua step instalasinya hingga sampai pada step menentukan path instalasi JDK anda. Disini saya menyarankan supaya kita meletakkan path instalasi JDK pada C:\Java\JDK1.5\ jika belum ada, buatlah. Kemudian ketika mulai menginstall JRE dan sampai pada step menentukan instalasi path, disini saya juga menyarankan supaya instalasi path  untuk JRE di letakkan di C:\Java\JRE1.5\ Mengapa demikian...? ya tidak kenapa-kenapa, biar mudah saja mengingatnya.
Setelah selesai, sekarang kita akan mulai melakukan setting  Environment Variable pada sistem operasi komputer kita.  Sebelum memulai ada baiknya kita tahu kenapa kita harus men-setting Environment Variable pada komputer kita? jawabannya adalah agar kita mudah dalam memanggil Java Compiler dalam command prompt. Java Compiler kita perlukan untuk mengkompilasi kode-kode program yang telah kita buat untuk menjadi file-fileclass, sehingga file class tersebut dapat kita eksekusi dengan menggunakan command java (nama Class).
Cara melakukan setting Environment Variable pada windows ada dua cara:
1. Lewat Command Prompt.
Lewat Command Prompt yang bersifat sementara, artinya ketika command prompttersebut kita tutup, maka hilang pula Environment Variable untuk java pada komputer windows kita. untuk men-setting dengan cara ini kita cukup mengetikkan perintah dalam command prompt seperti berikut :  set path=%path%;C:\Java\JDK1.5\bin seperti gambar berikut : 
Perintah diatas berarti "Tolong setting path menjadi path yang sudah ada ditambah dengan pathnya java yaitu di C:\Java\JDK1.5\bin" kemudian tekan enter setelah itu silahkan anda tes apakah  Environment Variable yang Java sudah ter-set dengan mengetikkan perintah C:\java -version.
Jika muncul informasi versi yang terinstall dalam komputer kita seperti gambar dibawah ini:

maka setting  Environment Variable sudah berhasil kita lakukan. Cara ini kurang efektif sebab setiap anda buka command prompt baru anda harus mensetting kembali  Environment Variable tsb.
2. Lewat GUI Windows
Cara ini kita lakukan dengan urutannya sebagai berikut : klik kanan pada My Computer yang ada pada desktop, lalu pilih properties -->pilih tab Advanced --> klik tombol Environment Variables--> pilih item path pada list System Variables -->klik tombol edit-->tambahkan path instalasi JDK anda pada kotak Variable Value, seperti gambar berikut:

kemudian tekan tombol OK dan tutup semua window yang terbuka, sekarang kita tes kembali apakah Environment Variable Java sudah masuk dalam Sistem Operasi kita dengan cara sama seperti cara mengetes pada nomor 1 yaitu membuka command prompt dan mengetikkan java -version.
Akhirnya selesai sudah kita meng-install Java dalam sistem operasi komputer windows kita, sekarang kita bisa memulai kegiatan programming Java, silahkan anda buat program kecil Hello World, kemudian compile program tersebut hingga menjadi file class. kemudian panggil class tsb dengan cara seperti berikut ini : c:\java . untuk source codenya silahkan klik link ini.



Terima kasih dan Semoga Bermanfaat

Josescalia


7 comments:

Anonymous said...

Saya gak pernah tuh setting class path btw boleh juga artikelnya ,saya lebih menyukai netbeans dan eclipse karena mudah, apalagi kalau ada errornya tuh ada muncul kayak saran2 gtu yah tinggal di klik deh and errornya ilang walaupun gak semuanya bisa dilakukan dengan itu

Anonymous said...

pas setting path ya dah tpi ama aplikasi lain g jalan ya seperti pengen buka ipconfig d cmd napa ya?..

JoseScalia said...

[quote]
pas setting path ya dah tpi ama aplikasi lain g jalan ya seperti pengen buka ipconfig d cmd napa ya?..[/quote]

Wah kalo itu artinya path asli windowsnya pada environment variable sudah tertimpa..
Cara membenarkannya adalah dengan menambahkan baris ini ke-dalam environment windowsnya ;C:\Windows\
Ingat ditambahkan..bukan yang ada dihapus terus diganti dengan setting path Java..
Terima kasih telah mengunjungi Blog ini...

jemiro said...

ia mas :D kalau mau di compile di CMD harus di envirop dulu, tapi saya sih biasanya pakai comppilernya eclipse :D

david said...

saya mau instal tp ada comment system dll user 32.dll was relocated in the memory.the application wil not run properly..
itu knapa y,,thx

Puji Nugroho said...

makasih atas infonya.sangat membantu....

liveniping said...

Makasih ya gan!